1. Mesin 2 Tak / Two Stoke Engine
jenis mesin yang menghasilkan tenaga / pembakaran dalam 2x gerak piston / seher / torak dan 1x putaran kruk as / crank shaft. Mesin 2 tak memerlukan oli khusus untuk pelumasan piston, ring piston, blog silinder, boring, pen piston, setang piston, voces / silinder bearing, bearing kruk as, pen kruk as dan lain-lain.
Oli khusus tersebut diatas adalah oli 2Tak / Oli samping.
Proses pelumasan oli samping bersamaan dengan masuknya bahan bakar dan oli samping / oli 2T juga ikut terbakar.
2. Mesin 4 Tak / Four Stoke Engine
Mesin 4T memerlukan 4x gerak piston, 2x putaran kruk as dan 1x putaran noken as untuk menghailkan tenaga.
a. Langkah hisap / pemasukan
Fungsinya memasukan bahan bakar dari karburator ke ruang bakar mesin melalui intake manifold, intake port, klep in / klep hisap.
Proses pemasukan bahan bakar terjadi saat piston bergerak ke titik mati bawah (TMB / BCD) dan klep in terbuka sehingga bahan bakar terhisap masuk sampai piston di TMB klep in tertutup.
b. Kangkah kompresi / tekanan
Fungsinya mendorong bahan bakar agar focus di pusat api dan mencapai temperature ideal agar pembakaran sempurna.
proses langkah kompresi terjadi saat piston bergerak ke TMA ( titik mati atas / TDC ), beberapa saat sebelum piston mencapai TMA busi memercikan api dan terjadilah pembakaran.
c. Langkah usaha / Pembakaran
Fungsinya menghasilkan tenaga untuk mendorong piston dan menggerakan kruk as. Langkah usaha terjadi saat piston terdorong ke TMB akibat ledakan bahan bakar dan gerak piston diubah menjadi putaran oleh kruk as, posisi kedua klep tertutup saat langkah kompresi dan usaha.
d. Langkah buang / Pembersihan
Fungsinya membersihkan sisa pembakaran / gas buang. Proses piston ke TMA bersamaan terbukanya klep EX. Sisa pembakaran terdorong keluar melalui Exhaust port / lubang buang dan knalpot.
No comments:
Post a Comment