Wednesday, 17 August 2016

CARA PEMERIKSAAN MESIN YANG TIBA-TIBA MATI


Jika menghadapi kondisi mesin tiba-tiba mati, maka urutan pemeriksaannya sebagai berikut :

1. Periksa bahan bakar didalam tangki. Jika masih ada, periksa bahan bakar di kran bensin dan pipa saluran bahan bakar. Jika tidak ada sumbatan atau kebocoran, selanjutnya periksa mangkuk karburator dengan memutar sekrup pembuangan / drain screw ± 2 putaran searah jarum jam. Jika ada kotoran atau air yang tercampur dengan bahan bakar, maka harus dibersihkan. Selanjutnya memastikan bahan bakar sudah masuk atau belum ke ruang bakar, dengan menutup sisi depan karburator sambil menekan kick stater 3 kali. Jika terasa hisapan yang kuat da nada basahan bensin di tangan, maka bahan bakar sudah masuk ke ruang bakar.

2. Periksa tekanan kompresi dengan melepas busi kemudian menutup lubang busi dengan jari, lalu tekan kixk stater 3 kali. Jika terasa dorongan yang kuat dan panas, berarti kompresi bagus.

3. Periksa pengapaian pada busi. Dengan melepas busi dari head cylinder lalu pasang lagi busi ke kabel koil. Kemudian temple busi ke mesin dengan menekan kick stater, lihat percikan api dari busi. Jika percikan api merah, kecil dan tidak focus, berarti bsi harus dibersihkan dari kerak yang menempel pada elektroda. Jika belum juga maksimal, sebaiknya busi diganti.

No comments:

Post a Comment